Senin, 21 November 2011

Renungan Harian : Persembahan atau Kolekte, Apa Maknanya?

Pw. St. Maria Dipersembahkan kepada Allah
Dan 1:1-6, 8-20; Luk 21:1-4

Setiap kali ada perayaan misa, hampir selalu ada saat kita diberi kesempatan untuk mempersembahkan sesuatu kepada Tuhan, dalam bentuk praktis adalah berupa kolekte. Dalam Injil hari ini, Tuhan Yesus mau menyampaikan kepada kita sehubungan dengan makna atau arti persembahan atau kolekte.
Yesus memperhatikan dua hal, yaitu
1. jumlah kolekte yang kelihatan
2. isi hati si pemberi kolekte
Walaupun Yesus memperhatikan dua hal itu, namun yang menjadi perhatian utama Yesus bukan jumlah uang yang diberikan, melainkan isi hati batin orang yang memberikan kolekte itu.
Tuhan melihat "jumlah" keterlibatan hati dan hidup di dalam kolekte yang dipersembahkan. Di dalam kolekte, kita harus secara total mengembalikan segala yang kita peroleh di dalam hidup kepada Tuhan. Segala yang kita peroleh bersumber dari Tuhan, maka sebagai ungkapan rasa syukurnya dipersembahkan semua kembali kepada Tuhan.
Dengan contoh janda miskin ini Yesus mau mengajarkan kepada kita bahwa pertama-tama bukan kuantitas atau jumlah kolekte yang kita persembahkan yang terpenting bagi Tuhan. Tuhan melihat kesadaran batin yang mendalam bahwa semua yang kita peroleh dalam hidup dan usaha adalah berkat Tuhan, karena itu layak kita ungkapkan rasa syukur dengan memberikan persembahan itu kepada Tuhan.
Bagaimana dengan kolekte yang kita berikan? Apakah sekedar sisa yang tidak berarti untuk hidup dan kebutuhan kita atau sungguh-sungguh ungkapan syukur dan terima kasih karena manyadari bahwa semua yang kita peroleh dan capai dalam hidup adalah berkat dari Tuhan ? Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar