Minggu, 06 November 2011

Renungan Harian : Dipanggil Menjadi Orang Kudus

Selamat datang di bulan November!

Kita selalu mengawali bulan November dengan dua perayaan penting, yaitu HARI  RAYA SEMUA ORANG KUDUS dan PERINGATAN ARWAH SEMUA ORANG BERIMAN. Sepentas memang kedua perayaan tidak berhubungan, namun sesungguhnya hubungan kedua perayaan ini amat dekat. Keduanya bersumber pada iman yang sama bahwa semua manusia dipanggil kepada kekudusan Allah.
Pertama, kita meyakini bahwa banyak orang beriman yang karena peri hidupnya, sifat dan tingkah lakunya yang baik, yang luhur dan berkenan kepada Tuhan layak disebut orang-orang kudus. Namun mereka ini tidak tercatat dan disahkan dengan penggelaran khusus (beatifikasi dan kanonisasi) seperti para santo dan santa. Dengan ini sebenarnya gereja merayakan dan mensyukuri kasih Tuhan yang memanggil mereka untuk menjadi panutan bagi manusia lain. Karena itu dalam iman kita yakini mereka kini menikmati kehidupan abadi bersama Bapa Surgawi.
Kedua, menyangkut perayaan peringatan arwah semua orang beriman. Karena iman bahwa semua orang dipanggil kepada kekudusan untuk hidup dalam kemuliaan Allah Bapa di surga, maka gereja merasa berkewajiban untuk mendoakan sesama, orang-orang lain, entah keluarga dan kenalan, ataupun siapa saja supaya mendapatkan kerahiman dan pengampunan dari Allah Bapa, sehingga mereka pun boleh menikmati kebahagiaan para kudus di surga. Karena itu secara bersama-sama pada tanggal 2 November semua orang Katholik diminta untuk berdoa secara khusus bagi para arwah beriman; kita juga tahu bahwa anggota keluarga tertentu pada hari-hari peringatan kematian mereka selalu didoakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar