Kamis, 10 November 2011

Renungan Harian : Berjaga-jaga Menantikan Kerajaan Allah

Pw Leo Agung, Paus, dan Pujangga Gereja
Keb 7:22-8:1; Luk 17:20-25

Dalam banyak kesempatan, kita sering diingatkan bahwa hidup di dunia ini merupakan ziarah yang bersifat sementara. Karena hidup di dunia ini bersifat sementara maka tujuan hidup tidak berakhir di dunia. Bagi orang beriman tujuan utama hidup adalah berada bersama Allah atau hidup dalam Kerajaan Surga.
Sejak awal pewartaan-Nya Tuhan Yesus senantiasa mengingatkan manusia tentang Kerajaan Allah; bahkan poko utama pewartaan Tuhan Yesus adalah Kerajaan Allah. Syarat penting untuk menerima Kerajaan Allah adalah hidup suci (hidup tanpa dosa). Karena itu manusia harus bertobat dari dosa-dosa. Kerajaan Allah tidak akan dialami oleh orang-orang yang hidup dalam dosa. Tuhan Yesus juga menuntut agar memilih Kerajaan Allah sebagai pilihan utama dalam hidup.
Dalam Injil hari ini, Yesus juga mau menjelaskan bahwa Dia sendirilah tanda nyata kehadiran Kerajaan Allah di dunia ini. Maka mendengarkan Dia dan hidup berdasarkan ajaran-Nya merupakan jaminan bagi manusia untuk memperoleh Kerajaan Allah.
Kerajaan Allah akan mengalami kepenuhannya ketika Yesus datang untuk kedua kalinya. Kapan hal itu terjadi tidak ada yang tahu. Dalam banyak kiasan Yesus mengingatkan manusia bahwa Kerajaan Allah akan datang secara tiba-tiba dan tidak disangka-sangka. Karena itu kita manusia dinasehatkan untuk senantiasa berjaga-jaga. Bentuk konkrit dan berjaga-jaga adalah hidup benar dan baik sebagai umat beriman sebagaimana yang Tuhan sendiri ajarkan. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar